Sinyal Kurang Puas pada Antena powerfull super gain for EDGE 3G HSPA HSDPA WCDMA

Solusi Jika Belum dapat Sinyal Yang Memuaskan

 Antena powerfull super gain for EDGE 3G HSPA HSDPA WCDMA

 
Pertanyaan dari agan:
Setelah pakai antena, kok belum dapat sinyal 3G ya atau kok sinyalnya sama saja ya spt gak pakai antena. 

Sumber masalah ada dua: cara mengarahkan antena dan cara menempel induksi kalo pakai induksi.

SOLUSI:
Berikut ini solusi cara mengarahkan antena berdasarkan pengalaman di lapangan dan hasil eksperimen.

a. solusi 1: 
Jangan arahkan antena ane sama dg arah Yagi. Arah antena Ane tdk sama dg Yagi, selisih 80-90 derajat. Contoh, kalo Yagi arahnya ke utara maka antena ane arahnya ke barat.

b. solusi 2: 
Tdk perlu mikir letak BTS, coba delapan arah mata angin yg sdh ada di manual satu per satu. Caranya: putar antena ke satu arah tertentu lalu tancapkan ulang modem (agar modem memperbaharui bts yg tertangkap) dan jalankan mobilepartner/software bawaan modem. Ulangi langkah ini untuk semua delapan arah mata angin. Kalo pakai QXDM (jika modem support), tidak perlu mencabut modem setiap ganti arah krn QXDM realtime mengubah sinyal/BTS yg tertangkap. Sangat disarankan menggunakan QXDM dalam mencari arah optimal jika modem agan mendukung.

c. solusi 3:
tinggikan antena hingga 10m atau lebih dari tanah jika blm dapat 3G juga

d. solusi 4: 
antena (panci) dibuat mendongak ke atas 10-15 derajat jika agan tinggal di kota atau daerah yg datar. antena (panci) dibuat menunduk ke bawah 10-15 derajat jika agan tinggal di gunung/dataran tinggi dimana BTS seluler berada di bawah rumah agan. 

e. solusi 5: 
jangan melawan pohon besar/rimbun/tinggi dan bangunan tinggi di sekitar rumah agan. Geser tiang ke tempat yang halangannya paling kecil. penghalang: objek yg menghalangi datangnya sinyal. Kalo ada bangunan tinggi di sebelah utara rumah tetapi sinyal datang dari arah selatan, maka bangunan itu bukanlah penghalang. 

f. solusi 6: 
coba pasang tiang antena di 3 titik yg berbeda (dlm satu rumah/pekarangan). Pilih titik lokasi yg sinyalnya paling kuat. Kok bisa berbeda sinyalnya? Sinyal BTS sebelum sampai ke rumah agan melalui banyak media dan penghalang, penghalang bukan hanya yg ada di sekitar rumah agan tetapi juga penghalang di tempat yg jauh yg menghadang sinyal sebelum sampai rumah agan. Eksperimen di rumah ane membuktikan, menggeser tiang antena 3m dapat menaikkan sinyal 5-10dbm meskipun tinggi antena dan arahnya sama. Garis lurus dari antena BTS menuju antena panci memiliki halangan yg berbeda-beda antara satu titik dg titik lainnya, sehingga agan perlu mencoba beberapa titik lokasi yg berbeda dalam pekarangan/rumah yg sama.

g. solusi 7:
Cara nempel induksi harus tepat. Masalah ini tidak ada jika agan pakai pigtail. Ane sarankan pakai pigtail jika modem agan support pigtail, sinyal akan naik 5-10dBm dibandingkan dengan induksi.
Ada banyak cara menempel induksi, agan coba saja semua cara di bawah ini lalu pilih cara yg sinyalnya paling kuat.
Cara1: tempel induksi tepat di atas kartu dan kabel antena datang dari ekor modem
Cara2: tempel induksi tepat di atas kartu dan kabel antena datang dari kepala modem
Cara3: tempel induksi di sisi di balik kartu dan kabel antena datang dari ekor modem
Cara4: tempel induksi di sisi di balik kartu dan kabel antena datang dari kepala modem
Cara5: tempel induksi di sisi samping dan kabel antena datang dari ekor modem
Cara6: tempel induksi di sisi samping dan kabel antena datang dari kepala modem

h. solusi 8:
Jika tiba-tiba sinyal turun 10-20dBm dari biasanya (dalam kondisi pakai antena), coba cek kabel apakah ada yg robek/cuil (digigit tikus). Balut bagian kabel yg robek/cuil tsb dg isolasi kabel warna hitam sebanyak 3 lapis agar cukup tebal. Sinyal akan kembali normal jika semua bagian kabel yg robek tertutup isolasi hitam. Kaskus kabel robek mungkin sangat jarang terjadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.